0

Kulit memang bagian yang paling luar dari tubuh manusia. Kulit merupakan bagian tubuh yang paling besar pada tubuh manusia. Namun kulit akan mudah rusak, jika terkena paparan sinar matahari secara terus – menerus. Apalagi untuk orang yang memiliki kegiatan yang banyak menghabiskan waktu nya di luar ruangan. Dengan paparan sinar matahari terhadap kulit akan menyebabkan kanker kulit. Nah jika matahari berbahaya untuk kulit, bagaimanakah perlindungannya?

Pengaruh Sinar Matahari Untuk Manusia

matahari memang suatu hal yang penting untuk kehidupan manusia. Tanpa ada matahari, maka tidak ada kehidupan di bumi ini. Dengan matahari memiliki manfaat bagi manusia untuk merangsang tubuh menghasilkan vitamin D yang berguna unutk metabolisasi kalsium yang akan membentuk tulang menjadi kuat. 

Sinar matahari memang memiliki manfaat untuk tubuh. namun jika sinar matahari yang berlebihan bagi tubuh dapat membahayakan pada kesehatan kulit kita. Karena sinar matahari memiliki radiasi cahaya, sinar inframerah, sinar ultraviolet A dan B. nah sinar Uv ini lah yang bisa menyebabkan kulit menjadi rusak dan bahkan menyebabkan kanker kulit. Efek dari radiasi Ultraviolet ini bisa menyebabkan kulit menjadi terbakar, kering dan  menyebabkan munculnya noda – noda cokelat. Efek lain yang disebabkan adalah menyebabkan penuaan dini pada kulit.


Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

Kulit manusia memiliki sistem perlindungan yang alami yaitu lapisan melanin. Semakin cokelat warna kulit maka akan semakin tebal pula melanin pada kulit. Nah oleh sebab itu orang yang memiliki keturunan darah Afrika sangat rendah sekali untuk beresiko terkena kanker kulit, karena mereka memiliki pelindung alami yang cukup tebal untuk melawan radiasi ultraviolet.namun untuk mereka yang berkulit putih justru memiliki lapisan melanin yang tipis. 

Melihat akan bahaya yang ditimbulkan dari radiasi sinar UV matahari, maka kulit memerlukan perlindungan yang lebih. Efek luka bakar dari radiasi sinar matahari bisa menyebabkan kanker kulit untuk 20 tahun yang akan datang. Oleh karena itu sangat pentingnya perlindungan kulit dari paparan sinar matahari sejak dini. 

Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari :

  • Membatasi waktu tubuh terkena sinar matahari secara langsung, terutama pada jam 10.00 sampai 16.00. pada saat itu radiasi sinar UV yang berbahaya sedang pada puncaknya.

  • Memperhatikan kulit kamu. Apakah kulit kamu memiliki kelainan atau tidak pada setiap tiga bulan sekali.

  • Sebelum memulai aktivitas di luar. Sebaiknya untuk menggunakan tabir surya yang berspektrum luas dengan tingkat SPF 15 atau yang lebih tinggi lagi. Gunakan krim tabir surya pada permukaan kulit 20 menit sebelum kulit terkena paparan sinar matahari. Kemudian oleskan kembali setelah 20 menit terkena paparan sinar matahari.

  • Menggunakan tabir surya setiap dua jam sekali pada saat kamu melakukan aktivitas di luar ruangan.

  • Menggunakan baju dan aksesoris lainnya yang bisa melindungi kulit. Misalnya saja baju lengan panjang, jaket, menggunakan topi yang lebar dan kacamata hitam.


Dengan melindungi kulit dari paparan sinar matahari secara langsung. Dapat mengurangi kemungkinan resiko kulit rusak dan terhindar dari kanker kulit.

Post a Comment

 
Top