0

Tidur adalah salah satu sifat dasar dan alami yang dimiliki oleh setiap manusia. Dengan melakukan tidur pada malam hari, maka seseorang akan dapat melepas lelah dan beban setelah melakukan aktivitas seharian. Pada umumnya jam tidur yang dianjurkan adalah sekitar 7 – 8 jam per harinya. Dengan jam tidur yang teratur kita dapat melakukan aktivitas untuk keesokan harinya.

Jam tidur setiap orang memang berbeda – beda satu dengan lainnya. Hal itu tergantung dari gaya hidup mereka. Pola makan, serta jenis kegiatan yang dilakukan setiap orang juga berbeda –beda. Jadi jam tidur yang cukup bukan merupakan salah satu indikator untuk memiliki kualitas tidur yang baik. Ada banyak indikator yang mempengaruhi kualitas tidur seseorang, salah satunya adalah faktor pencahayaan. Bagi beberapa orang memang sudah terbiasa tidur dengan kondisi lampu menyala terang. Ternyata tidur dengan kondisi lampu menyala terang memiliki dampak buruk untuk kesehatan tubuh. Berikut ini ada beberapa 

Bahaya yang dapat terjadi jika tidur dengan kondisi lampu menyala terang.


1. Dapat menghambat produksi melatonin

Melatonin merupakan salah satu enzim yang mampu menjaga tubuh dari resiko penyakit kanker dan tumor ganas. Jika kamu terbiasa tidur dengan lampu menyala terang, maka yang akan terjadi adalah sel melatonin tidak dapat berkembang dengan baik, dan proses produksinya menjadi terhambat.

Meskipun demikian memang bukan berarti orang yang terbiasa tidur dengan kondisi lampu menyala terang dapat dipastikan akan terserang penyakit kanker dan tumor. Karena masih ada faktor yang lain yang dapat menyebabkan munculnya kanker dalam tubuh, seperti halnya bahaya merokok, alkohol dan gaya hidup yang kurang sehat. 


2. Menyebabkan gangguan tidur

Tidur dengan kondisi lampu menyala biasanya akan menimbulkan berbagai gangguan tidur dan yang paling sering terjadi adalah insomnia, yaitu kondisi dimana seseorang tidak bisa tidur sehingga harus begadang semalaman. Salah satu faktor penyebab insomnia adalah kondisi lampu yang menyala terang.

3. Kualitas tidur yang menurun

Dengan terjadinya gangguan tidur, maka sudah dapat dipastikan bahwa kualitas tidur anda menurun. Efek langsung yang ditimbulkan adalah kualitas tidur yang menurun. Karena kualitas tidur yang menurun akan mempengaruhi bahaya bagi aktivitas anda sehari – hari. Hal ini akan menjadi penyebab seseorang sering mengantuk dan lemas saat beraktivitas, menurunnya konsentrasi serta menghambat kegiatan sehari –hari.

4. Rasa pegal pada mata

Tidur dengan kondisi lampu menyala dengan terang akan berdampak pada kesehatan mata. Mata terasa pegal ketika anda mencoba memejamkan mata saat akan tertidur. Hal ini akan menyebabkan kelopak mata menjadi tegang dan membuat mata menjadi pegal. Kondisi seperti ini akan membuat mata memiliki gangguan seperti mata merah dan gatal.

5. Gangguan pada sistem metabolisme

Bahaya lainnya dari tidur dengan lampu menyala terang adalah dapat membuat gangguan pada sistem metabolisme tubuh. Lancarnya sistem metabolisme tubuh maka asupan tubuh akan nutrisi, vitamin dan mineral akan berjalan dengan baik. Namun jika metabolisme terganggu maka dapat menimbulkan efek pada penurunan konsentrasi, tubuh terasa lelah, lemas dan daya tahan tubuh menurun.

Post a Comment

 
Top