0

Jagung adalah tanaman penghasil karbohidrat selain nasi dan gandum. Walaupun kadang jagung dipandang sebagai sayuran, ternyata jagung merupakan makanan biji – bijian. Pada jaman sekarang ini banyak jagung yang menjadi komponen penting dalam makanan hewan ternak. 

Jagung berwarna kuning dengan terdapat berbagai biji yang berderet memanjang mengelilingi tongkolnya. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat merupakan salah satu cara yang tepat untuk mencukupi kebutuhan asupan karbohidrat untuk tubuh.

Manfaat Jagung


1. Meningkatkan kesehatan organ pencernaan

Kandungan serat yang terdapat dalam jagung cukup tinggi dan serat tersebut mampu membantu proses sistem pencernaan lebih lancar. 

2. Memperkokoh tulang

Jagung juga mengandung berbagai nutrisi seperti zat besi, tembaga, fosfor dan magnesium. Berbagai nutrisi tersebut dapa membuat tulang menjadi lebih kuat dan kokoh. Hal ini juga dapat membuat orang terhindar dari resiko terkena osteoporosis.

3. Membuat kulit menjadi lebih awet muda

Kandungan antioksidan dalam jagung yang tinggi dapat membantu menutrisi seluruh jaringan kulit tubuh. hal ini dapat membuat kulit menjadi lebih awet muda.

4. Mencegah Anemia

Kandungan vitamin B dan asam folat dalam jagung berguna dalam mencegah terjadinya anemia.

5. Meningkatkan kesehatan jantung

Jagung memiliki kandungan vitamin C, karotenoid dan bioflavonoid yang dapat berfungsi dalam mengontrol kadar kolesterol dalam darah. Selain itu, mampu meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh.

6. Menyehatkan organ Penglihatan

Jagung juga termasuk tanaman yang memiliki kandungan vitamin A yang merupakan salah satu tumber beta karoten. Dengan mengkonsumsi jagung dalam batas normal bisa membantu mencukupi nutrisi yang dibutuhkan oleh organ mata.

7. Mencegah penyakit Diabetes

Jagung juga memiliki kandungan fitokimia yang bisa mengatur penyerapan dan pelepasan hormon insulin dalam tubuh. selain itu jagung juga merupakan makanan yang bergizi yang dapat mencukupi kebutuhan nutrisi dalam tubuh.

8. Mengurangi resiko terjadinya wasir

Kandungan serat jagung yang cukup dapat membantu mencegah masalah pencernaan seperti sembelit dan ambeien. Karena serat dapat membantu melancarkan buang air besar yang bisa merangsang gerak peristaltik , merangsang produksi asam lambung dan juga empedu. Berbagai hal tersebut juga mengurangi resiko seseorang terkena diare.


9. Meningkatkan Energi

Jagung merupakan salah satu makanan yang tinggi karbohidrat. Selain itu juga jagung memiliki manfaat untuk tetap menjaga fungsi otak dan sistem saraf. Jagung juga di anjurkan untuk di konsumsi sebelum melakukan olahraga.

10. Menambah Berat Badan

Jagung sangat cocok untuk orang yang ingin meningkatkan berat badan mereka. Karena untuk menambah berat badan, tubuh perlu asupan kalori yang cukup banyak. Jagung memiliki kandungan karbohidrat dan kalori yang cukup tinggi yang bisa membantu meningkatkan berat badan seseorang.

Post a Comment

 
Top