0

Setiap orang pastilah mengenal yang namanya minuman soda. Minuman yang menyegarkan dengan rasa yang meledak – ledak di mulut ini menjadi minuman favorit untuk sebagian orang. Semakin banyaknya minuman yang memiliki komposisi soda, baik yang rendah maupun tinggi membuat seseorang harus akan dampak dibalik minuman soda. Banyak yang beranggapan bahwa air soda mampu menjaga kebersihan organ tubuh manusia. Ada juga yang berpendapat bahwa air soda merupakan minuman sampah, artinya tidak ada dampak negatif dan positifnya. Selain itu banyak juga yang beranggapan bahwa air soda dapat memberikan dampak buruk untuk kesehatan. Apalagi bagi untuk kaum remaja yang sering nongkrong dan suka ditemani dengan susu soda. Jika ini di konsumsi secara berlebihan, mungkin akan menimbulkan gejala untuk kemudian hari.

Berikut ini akan diuraikan tentang manfaat dan dampak positif minuman soda untuk kesehatan :

A. Manfaat Air Soda 


  •  Menetralisir Nikotin

menurut pendapat yang sudah tidak asing lagi bagi kalangan pecinta minuman soda. Mereka berpendapat bahwa minuman air soda dapat menetralisir nikotin akibat dari asap rokok. air soda juga berfungsi untuk membersihkan organ dalam tubuh dari asap rokok yang masuk. Nah oleh karenanya kebanyakan orang perokok lebih suka mengkonsumsi minuman soda secara rutin. Namun anggapan ini sebenarnya belum sepenuhnya benar, dan belum tentu juga salah. Karena belum ada keterangan dari dokter tentang pendapat ini.

B. Dampak Negatif Air Soda


  • Kulit cepat keriput

Dengan mengkonsumsi minuman soda secara berlebihan, akan dapat membuat penuaan pada kulit secara cepat. Sehingga seseorang akan terlihat lebih tua walaupun dengan umur yang masih muda.

  • Gigi dan Tulang Mudah Keropos

Untuk kebanyakan penderita Osteoporosis adalah mereka yang sering mengkonsumsi minuman soda setiap harinya dengan kadar yang berlebihan. Asam sulfat yang terdapat dalam soda akan menghambat perkembangan tulang dan menyebabkan tulang mudah keropos. Selain itu, mengkonsumsi 4 kaleng minuman soda dalam satu hari akan mempengarusi kesehatan gigi.

  • Asam Urat

Minuman soda mengandung gula fruktosa yang dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah yang menjadi pemicu utama penyakit asam urat.

  • Kerusakan pada otak

Minuman soda yang sering dikonsumsi akan sangat berpengaruh terhadap senyawa kimia yang dihasilkan otak yang akan berdampak terhadap perilaku orang yang mengkonsumsi minuman soda tersebut.


  • Merusak Organ Dalam Tubuh

Seseorang yang sering mengkonsumsi minuman soda, lebih mungkin memiliki masalah kardiovaskular. Hal itu yang menyebabkan seseorang beresiko lebih tinggi mengalami serangan jantung dan stroke. Tidak hanya itu saja, minuman soda juga mempengaruhi paru – paru yang meningkatkan resiko terkena asma dan penyakit paru – paru obstruktif kronik. Selain kedua hal tersebut, minuman soda akan beresiko dua kali lipat untuk orang terkena kanker pankreas.

Post a Comment

 
Top