0

Untuk Anda yang menderita Kolesterol, pastilah sangat mengharapkan agar kolesterol jahat segera menurun. Dengan menjaga makanan dan berolahraga merupakan salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini. Tetapi, jika kadar kolesterol sudah jauh lebih dari ambang batas, Anda perlu mengkonsumsi obat yang dianjurkan dokter. Untuk Anda yang ingin mencoba pengobatan secara tradisional yang efektif untuk menurunkan kolesterol, cobalah untuk mengkonsumsi Angkak.

Apa itu Angkak?
Angkak biasanya sering digunakan sebagai obat penyembuh untuk penderita demam berdarah dan biasanya juga digunakan sebagai bumbu masak. Khasiat angkak sebagai obat herbal kaya akan manfaat yang sudah dikenal ratusan tahun yang lalu oleh bangsa Cina. Angkak merupakan hasil fermentasi dari beras dari beras dengan warna merah. Harga angkak cukup murah dan dapat ditemui diberbagai pasar tradisional. Oleh karena itu, banyak orang yang menggunakan angkak untuk meningkatkan kesehatan tubuh.

Penelitian telah membuktikan bahwa angkak mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan Trigliserida dari penderita kolesterol. hal ini karena adanya kelompok senyawa monakolin yang terkandung dalam angkak. Senyawa monakolin ini akan menghambat kinerja enzim yang membentuk kolesterol, hasilnya kadar kolesterol akan menurun. 

Untuk mendapatkan khasiat yang maksimal, maka untuk penderita hiperkolesterol sebaiknya mengkonsumsi angkak sekitar 15 sampai 30 gram dalam sehari. Caranya dengan merebus angkak tersebut, kemudian meminum air rebusannya. Lakukanlah cara ini secara rutim dan teratur. Angkak jika dikonsumsi dalam jangka panjang relatif aman. Efek samping dari mengkonsumsi angkak adalah perut terasa kembung dan gangguan pencernaan lainnya. Namun efek samping ini akan dapat dikurangi dengan menambahkan jahe pada air rebusan angkak. 

Resep penurun Kolesterol

Sebagai pengganti penyeling angkak, Anda bisa mencoba beberapa resep berikut ini yang dapat membantu menurunkan kolesterol anda, yaitu :

Bawang Merah

Mengiris bawang merah sebanyak 20 gram, dan mengkonsumsinya bersamaan dengan nasi. Lakukan cara ini selama 3 kali sehari.

Sambiloto

Sambiloto merupakan tanaman pahit yang dapat membantu seseorang untuk menurunkan kadar kolesterol. caranya dengan merebus 20 gram sambiloto kering dengan 3 gelas air sampai menghasilkan 1 gelas air. minumlah sambiloto setelah makan.

Kunyit

Mengiris kunyit secara tipis, rebus dengan 2 gelas air sampai menghasilkan 1 gelas. kemudian saring dan air saringannya diminum 3 kali dalam sehari.

Oats

Mengkonsumsi 1 mangkuk oats dapat membantu menurunkan kolesterol.

Belimbing

Setelah selesai saparan dan makan malam. Jangan lupa untuk mengkonsumsi buah belimbing ukuran besar satu buah. Ini juga bermanfaat untuk antikolesterol. 

Dengan mengkonsumsi angkak atau herba antikolesterol lain tidak cukup untuk mempertahankan kolesterol agar tidak berlebih lagi. Untuk mengontrol kadar kolesterol Anda juga harus mengontrol pola makan dengan menghindari makanan yang tinggi kolesterol seperti santan, gorengan, jeroan dll.

Post a Comment

 
Top