0

Hal apa saja yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Berikut ini tips untuk merawat gigi dan mulut untuk tetap sehat.

1. Menghindari Tusuk Gigi dan Memilih Dental Floss

Setelah selesai menyantap makanan, biasanya ada sebagian makanan yang masih tersisa yang bersarang pada celah – celah gigi. Keadaan seperti ini yang dapat mengganggu dan apabila dibiarkan secara berkelanjutan akan membuat gigi menjadi rusak. Dan untuk mengeluarkannya, dengan menggunakan dental floss daripada menggunakan tusuk gigi. 

Dental floss akan dapat meminimalkan terjadinya gesekan antara gigi dan gusi. Sebaliknya jika menggunakan tusuk gigi akan memungkinkan terjadinya pergeseran gigi dan melukai gusi sehingga akan membuat gusi berdarah dan menjadi infeksi.

2. Menyikat gigi dengan cara yang benar

  • Sikatlah gigi dengan tekanan yang ringan. Jika menekan gigi terlalu keras pada gigi akan merusak gigi dan gusi. Gusi akan mudah berdarah dan sensitif terserang infeksi. Karena adanya masalah maka gusi menjadi tidak sempurna dan menjadi bengkak. Hal ini akan menyebabkan gigi menjadi tanggal.

  • Mengarahkan sikat gigi dengan benar. Arah sikat gigi yang benar adalah dengan cara vertikal satu arah dari pangkal ke arah ujung gigi. Tujuannya adalah agar sisa makanan pada sela – sela gigi dapat dibersihkan keluar dan perbatasan antara gigi dan gusi tidak terkikis.

  • Durasi waktu menyikat gigi yang baik adalah sekitar 3 menit. jika dilakukan terlalu cepat maka gigi akan kurang kebersihannya. Tapi jika terlalu lama dapat mengikis email gigi dan akan menyebabkan iritasi pada gusi.

  • Gunakanlah sikat gigi yang berbulu lembut. Bulu sikat gigi yang keras dan kaku akan merusak email pada gigi.

  • Pilihlah sikat gigi dengan kepala sikat yang kecil.


3. Menyikat gigi pada waktu yang tepat

Waktu menyikat yang tepat dianjurkan adalah pada saat pagi hari sesudah sarapan dan malam sebelum tidur. Karena pada saat tidur inilah, ludah tidak diproduksi. Akibatnya jika ada sisa makanan akan menyebabkan bakteri dan kuman aktif.

4. Berkumur dengan Mouthwash

Setelah selesai menyikat gigi, sebaiknya lengkapi dengan berkumur dengan mouthwash yang mengandung antiseptik

5. Mengerok Lidah

Permukaan lidah perlu dibersihkan. Kotoran pada lidah tidak hilang hanya dengan berkumur saja. Cara membersihkannya adalah dengan mengerok permukaan pada lidah dengan sikat gigi.

6. Mengunyah permen karet

Mengunyah permen karet berguna untuk membersihkan sisa makanan pada gigi. Selain itu mengunyah permen karet akan merangsang peningkatan produksi saliva yang membuat mulut tidak kering dan bau mulut berkurang.

7. Membatasi konsumsi Gula dan Asam

Sebisa mungkin untuk membatasi konsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula dan asam. Seperti halnya permen, cokelat dan soft drink.

Post a Comment

 
Top