0

Sebagian orang melakukan puasa terutama bagi umat muslim yang bersifat keagamaan. Tetapi puasa dilakukan karena berbagai alasan lainnya, seperti mendetoksi tubuh, pengobatan medis dan menurunkan berat badan dll.

1. Detoksifikasi

Puasa dapat mendetoksifikasi tubuh. makanan dengan berbagai olahan dan banyak mengandung zat adiktif yang kamu konsumsi dapat berubah menjadi racun dalam tubuh kamu. Sebagian besar racun tersimpan dalam lemak yang dibakar selama puasa dalam jangka waktu yang cukup lama. Apabila kamu tidak makan dan minum pada siang hari, tubuh akan mulai mengkonsumsi berbagai cadangan lemak untuk menciptakan energi tubuh. hal ini dapat membuat racun berbahaya dalam lemak menjadi  hancur. Organ tubuh seperti ginjal, hati dan organ tubuh lainnya terlibat dalam detoksifikasi. 

2. Menurunkan Berat Badan

Menurunkan berat badan merupakan salah satu manfaat yang di dapat dari puasa. Karena ketika puasa kamu merasa lapar, dan tubuh dipaksa untuk menggunakan lemak yang tersimpan dalam tubuh untuk memperoleh energi. Dengan mengurangi konsumsi makanan yang memperlambat metabolisme untuk menghemat energi.

3. Membuat Sistem Pencernaan Istirahat

Dengan puasa kamu dapat mengistirahatkan organ pencernaan. Hal ini akan dapat membantu kamu dalam menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. penghancuran makanan berlangsung pada tingkat stabil. Energi yang diperoleh dalam proses bertahap. 


4. Menormalkan Tekanan Darah

Dengan puasa merupakan salah satu pengobatan yang bisa menormalkan tekanan darah. Oleh karenanya puasa dapat bermanfaat untuk mengurangi resiko terkena aterosklerosis dan penyumbatan arteri oleh partikel lemak. dengan puasa tubuh dapat menguraikan glukosa dan lemak untuk menghasilkan energi. Selama waktu puasa, tingkat metabolisme dan hormon adrenalin dan non adrenalin akan berkurang. 

5. Menurunkan Kadar Kolesterol

Salah satu manfaat baik puasa adalah dapat menurunkan kolesterol dalam darah. Hal ini dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskular dan menurunkan resiko seseorang untuk terkena penyakit serangan jantung dan stroke. 

6. Mampu Menurunkan Kadar Gula Darah

Seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya. Puasa dapat menguraikan glukosa untuk menyediakan energi untuk tubuh. hal ini akan mampu mengurangi produksi insulin yang ada dalam pankreas. Glukogen yang diproduksi menyebabkan pemecahan glukosa, sehingga bisa menurunkan gula darah.

7. Mengatasi Inflamasi

Hasil penelitian membuktikan bahwa puasa bisa mengatasi penyakit radang dan alergi. Puasa juga dipercaya dapat dijadikan salah satu cara menyembuhkan penyakit radang usus seperti kolitis ulserativa.


8. Meningkatkan Kemampuan Otak

Dengan puasa bisa meningkatkan neurotropik yang diturunkan dari otak, yang dapat membantu tubuh untuk memproduksi lebih banyak lagi sel – sel otak. sehingga dengan berpuasa dapat meningkatkan fungsi otak. 

9. Menyehatkan Ginjal

Ginjal memiliki fungsi sebagai saringan zat berbahaya dari apa yang telah di konsumsi oleh manusia. Dengan berpuasa akan membuat asupan air menjadi berkurang. Target dalam mencapai kekuatan osmosis dalam urin akan mudah tercapai sehingga dapat berdampak baik untuk kesehatan ginjal.

Post a Comment

 
Top