0

Kopi memang termasuk minuman yang digemari oleh para wanita dan pria. Minuman yang konon dapar mengurangi rasa kantuk ini sudah sangat umum dikalangan masyarakat. Bahkan sekarang banyak kedai – kedai kopi yang menjamur di berbagai sudut kota dan mall. Didalam kopi mengandung kafein, yaitu senyawa kimia alkaloid yang dikenal sebagai trimetilsantin. Jumlah kafein dalam kopi sekitar 1-1,5%.

Manfaat Kopi, 

Dalam dunia kedokteran kafein sering digunakan sebagai perangsang kerja jantung dan meningkatkan produksi urin. Dalam dosis yang rendah, kafein juga berfungsi untuk bahan pembangkit stamina dan penghilang rasa sakit. Karena kafein itu tidak memperlambat gerak sel – sel tubuh, melainkan kafein akan membalikan kerja adenosin yang membuat tubuh tidak lagi merasa ngantuk.


Bahaya Kopi, 

Selain manfaat kopi untuk kesehatan, ternyata kopi juga memiliki bahaya untuk tubuh. salah satunya adalah efek ketergantungan. Mengkonsumsi kopi ternyata dapat meningkatkan resiko terkena stroke. Sebuah penelitian menyimpulkan bahwa mengkonsumsi kopi lebih dari 5 gelas per hari akan meningkatkan resiko kerusakan pada dinding pembuluh darah.

Untuk wanita hamil disarankan untuk tidak mengkonsumsi kopi dan minuman lain yang mengandung kafein. Karena kafein dapat meningkatkan denyut jantung. Untuk janin dapat menyerang plasenta dan masuk dalam sirkulasi darah janin. Dampak yang lebih buruknya yaitu dapat menyebabkan keguguran.

Fakta Tentang Kopi


1. Kafein dapat membunuhmu

Terutama bagi kamu maniak kopi yang mengkonsumsi kopi 80-100 cangkir dalam sehari.

2. Kopi juga baik untukmu

Penelitian membuktikan bahwa seseorang yang mengkonsumsi satu atau dua cangkir sehari , kamu bisa mendapatkan antioksidan dari kopi.


3. Kafein dapat mengurangi rasa sakit

Dosis sedang dalam mengkonsumsi kopi mampu meredakan rasa sakit pada otot setelah melakukan olah raga.


4. Kafein membuat seseorang begadang

Untuk kamu yang mungkin ingin mengerjakan tugas yang menumpuk pada malam hari akan terbantu dengan kopi.

5. Kopi dekafein pun juga mengandung kafein

Walaupun istilahnya bebas dari kafein tetap saja kopi mengandung kafein. Kalau dengan meminum 10 kopi dekafein sama saja dengan meminum satu sampai dua cangkir kopi kafein.


6. Kopi dekafein mengandung bahan kimia

Untuk mengurangi kadar kafein dalam kopi dekafein, digunakan bahan kimia methylene chloride untuk menguranginya.

7. Kafein bukan bagian dari rasa pahit

Mungkin banyak orang mengira kandungan kafein pada kopi terdapat dari rasa pahit nya kopi. 


8. Kopi yang bagus tergantung pada peracikan dan pembakarannya

Untuk kopi dengan cita rasa yang enak, yang paling menentukan adalah proses pembakaran dan racikan kopinya. Selama pembakaran kopi, minyak yang tersimpan dalam biji kopi akan keluar. Semakin banyak minyak yang keluar maka akan semakin kuat rasa kopinya. Pembakaran kopi yang semakin lama juga akan menghasilkan kafein yang semakin banyak.

Post a Comment

 
Top