0

Untuk setiap bulannya seorang wanita yang telah memasuki umur yang dewasa pastilah mengalami yang namanya siklus menstruasi. Tapi biasanya siklus menstruasi ini akan menimbulkan nyeri yang mungkin kadang teramat sangat tak tertahankan. Hal ini biasanya sudah biasa dirasakan oleh setiap wanita.

Rasa nyeri haid muncul karena dinding rahim yang berkontraksi yang membuat pembuluh darah terjepit dan menyebabkan timbulnya iskemi jaringan. Kontraksi inilah yang menyebabkan timbulnya rasa nyeri saat haid. Untuk mengurangi rasa nyeri dan mengatasinya kamu bisa melakukan cara di bawah ini :

1. Mengkonsumsi Obat Pereda Nyeri Haid

Sekarang ini sudah sangat banyak obat pereda nyeri haid di jual di berbagai apotek maupun mini market. Obat – obatan ini biasanya mengandung analgesik yang mampu meredakan rasa nyeri, dan antipiretik untuk meredakan demam dengan dosis yang sesuai. Asalkan meminumnya sesuai dengan aturan, obat – obatan ini tidak akan mengganggu kesehatan tubuh.


2. Mengkonsumsi Kunyit Asam

Kunyit asam merupakan jamu tradisional yang dipercaya memiliki berbagai khasiat, selain dapat menyegarkan tubuh juga bisa membantu meredakan rasa nyeri saat haid. Cara mengkonsumsinya pun cukup mudah, dengan membeli kunyit asam bubuk yang biasanya di jual oleh penjual jamu.

3. Kompres Hangat

Jika nyeri sudah tak terhankan lagi. Kamu bisa melakukan cara dengan mengompres hangat pada bagian perut bawah yang mengalami nyeri dan kram. Kompres dilakukan dengan cara menempelkan botol yang berisi air hangat didalamnya. Bisa juga dengan menggunakan handuk yang sudah direndam dalam air hangat. Lakukanlah cara ini dsn dengan melakukan pijatan yang lembut pada area yang terasa nyeri. Kompres ini bertujuan untuk melancarkan peredaran darah dan membuat otot – otot di sekitar perut terasa lebih rileks dan rasa nyeri juga berkurang.

4. Mengkonsumsi Makanan yang mengandung Zat Besi

Pada saat wanita mengalami menstruasi. Biasanya wanita rentan mengalami anemia. Karena itulah disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi. Misalnya saja makanan yang mengandung zat besi adalah daun singkong, ubi merah, bayam, kacang- kacangan dll. Selain makanan zat besi, mengkonsumsi buah – buahan dan minum banyak air putih juga akan membantu tubuh lebih segar dan terhindar dari dehidrasi.dan juga sebaiknya untuk menghindari minuman es, minuman soda, dan kopi. Karena hal ini akan memperparah kondisi tubuh.

5. Istirahat yang cukup

Dengan melakukan istirahat yang cukup,  akan membantu tubuh menjadi lebih rileks dan bugar. 

6. Hindari menggunakan pakaian yang ketat

Pakaian yang terlalu ketat akan mengganggu kenyaman tubuh. Lebih baik menggunakan pakaian yang longgar dan nyaman saat haid.

7. Mandi dengan air hangat

Manfaat air hangat ini akan membuat tubuh menjadi lebih relaks dan hal ini akan mengurangi rasa nyeri saat haid.

Post a Comment

 
Top